Menjadi Seorang Introvert

Hey, dreamers!

Jadi, ini adalah blog pertama gue yang gue buat untuk mengisi waktu gue di tengah serangan pandemi COVID-19 atau yang lebih familiar disebut virus corona.

Btw, gue sapa lo dengan kata “dreamers” karena gue rasa, lo sama kayak gue yaitu seorang pemimpi. Entah mimpi ingin punya harta berlimpah dan hidup bahagia,  atau hanya sebatas jadi pacar gebetan lo yang super ganteng atau cantik juga merupakan sebuah mimpi. 



Orang-orang besar pun dalam quotes-quotes yang banyak berseliweran atau mungkin lu pernah jadiin status sosmed juga menyarankan untuk punya mimpi, kan?

Cukup berfilosofi ya gue manggil lo wkwkwk..

Btw, gue tu emang suka bacaan-bacaan yang bertema filosofi atau yang mengajak berpikir lebih dalem mengenai suatu hal.

Ya.. walaupun masih sering berpikir dangkal juga sih.. Mungkin ini tidak terlepas dari keintrovertan gue. Tapi sekarang banyak banget yang melabeli dirinya introvert entah bener atau enggak.

Kalau gue sih menilai diri gue sendiri introvert karena ada poin-poin yang menunjukkan bahwa gue emang intovert. Contohnya, gue lebih suka menyendiri dari pada berada di keramaian. Bukan karena gue malu atau nggak percaya diri sih. Gue dulu sering ikut kegiatan kek lomba atau workshop ke luar sekolah. Gue sempet jadi Ketua DA di sekolah dan pernah jadi OSIS juga. Gue sering bicara di depan banyak orang tapi, gue cepet lelah kalau ngomong di depan orang banyak. Itu yang buat gue menilai kalau gue emang introvert.

Ngomongin introvert, gue bakal sharing pengalaman gue jadi seorang introvert yang dulunya nggak percaya diri. Tapi gue bukan berniat menggurui ya.. Gue hanya ingin sharing. Siapa tau ada yang sedang mengalami hal yang sama kayak yang pernah gue alamin dulu.

Jadi, dulu gue tu pemalu banget serius. Waktu kecil gue kayak dikucilkan sama temen. Lebih tepatnya sih gue nggak pandai bergaul. Di TK sering banget gue jadi bahan bullyan. Hal yang paling gue inget waktu itu adalah gue pernah dihadang pas gue lari pakek kaki hingga jatuh dan terluka. Kalau sekarang, itu sama sakitnya kayak kesandung sejuta kerinduan boss.



Kalau dulu nyali gue besar kek sekarang, udah gue ajak berantem tu orang. Tapi karena gue anaknya pengecut dan pemalu jadi gue biarin walaupun hati panas banget.

Setelah TK gue lanjut ke SD bersama beberapa orang yang sama di TK itu. Di SD kehidupan gue sedikit membaik. Ini karena gue dapet rangking 3 waktu itu di sekolah. Yang namanya orang pinter mah pasti dibaikin entah sama temen atau sama guru. Ya, kan?

Singkat cerita gue SMP. Nah di sinilah gue mulai ngerasa dan sadar kalau gue nggak PD. Walaupun gue dapet rangking, sering ikut dan pernah memenangkan lomba, kemampuan bicara gue jelek banget. Mungkin ada yang bernasib sama kayak gue.

Waktu itu gue ngerasa, untuk menjelaskan suatu hal dengan sederhana susahnya minta ampun. Bahkan ketika bicara, gue kadang nggak ngerti sama apa yang gue omongin dan sering kali pikiran gue blank pas bicara. Tapi untuk hal-hal yang bersifat hafalan, gue bisa. Makannya gue dapet rangking wkwkwk... 

Tapi untuk menyampaikan sesuatu secara sederhana, gue bener-bener ngerasa skill bicara gue anjlok banget. Ketika bicara sama orang, susah banget untuk gue ngeluarin ide-ide gue. Kayak beku banget otak gue pas bicara sama orang. Tapi disaat menyendiri baru keluar pikiran -pikiran yang brilliant entah dari mana.

”AHH.. FU*K...  KENAPA NGGA TADI SIH?!”

Sering banget gue marah dalem hati kek gitu.

Ini berlanjut hingga SMK. Kebetulan gue anak SMK. Ehh.. bukan kebetulan sih. Tapi "kecelakaan" bisa gue bilang. Sekarang gue baru tamat dari SMK dan gue bersyukur bisa menuntaskan dengan baik walaupun bukan yang terbaik.

Masa SMA/SMK itu bagi gue adalah masanya orang mulai mencoba mengenal dirinya sendiri dan mulai dewasa menghadapi masalah. Nah pas awal-awal kelas X dan XI itu, gue semakin ngerasa kalau gue orangnya nggak percaya diri dan goblok banget dalam hal bicara.

Waktu kelas X gue sempet juara umum 2. Pas pemberian hadiah, gue cowok satu-satunya di jurusan gue yang maju kedepan.(Btw, gue jurusan Akuntansi) Suatu kebanggan banget buat gue. Tapi dari kelas XI gue nggak dapet juara umum. Sebenernya bisa gue dapet juara. Tapi karena beberapa alasan, gue nggak mengejar juara lagi dari kelas XI tapi anehnya tetep dapet juara tapi bukan juara umum.

Wait.. gue lupa mau nulis apa wkwkwk...

....................................

Oke gue inget.

Jadi waktu awal SMK, ketika disuruh bicara atau ngobrol serius, gue speachless banget. Tapi kalau soal pelajaran gue bisa. “Kok gue aneh gini?” pikir gue. Dan semakin dewasa gue menyadari bahwa ini penyebabnya adalah ketidak percayaan diri  gue hingga mengakibatkan gue nggak leluasa berbicara dan mengungkapkan ide-ide gue.

Gue terlalu memikirkan hal yang akan terjadi dan padahal, mungkin itu nggak bakal terjadi. Kayak misalnya gue lebih dulu berpikir 

“Dia bakal ngerti nggak ya sama yang gue omongin?”

“Dia risih nggak ya sama cara bicara gue?”

”Dia bakal ngetawain cara bicara gue nggak ya?” 

dan berbagai macam pikiran negatif lainnya di tengah gue lagi bicara.

Karena pikiran gue yang terlalu fokus sama hal-hal itu, gue jadi nggak fokus sama ide yang mau gue sampein. Jadinya setiap gue bicara, terlihat bahwa gue nggak percaya diri dan apa yang gue mau ungkapin berantakan banget.

Kalau liat orang lain ngomong, gue berpikir “Kok mereka gampang banget ya ngomongnya sedangkan gue harus memeras otak gue dulu untuk bicara sampai keringetan.” 

Gue berusaha menerima kekurangan gue dengan berpikir “Everyone is unique”. Kita diciptakan Tuhan memang dengan kelebihan dan kekurangan kita masing-masing. Gue emang nggak punya kelebihan seperti yang dia punya. Begitu juga dia, nggak punya kelebihan yang gue miliki..

Tapi sekarang gue udah PD dan mulai bisa bicara dengan lebih baik dari sebelumnya. Tapi nggak kayak Om Deddy Corbuzier juga sih..

Ini tidak terlepas dari peran gue sebagai ketua DA PRAMUKA. Bukan karena jabatannya tapi, karena ada suatu momen yang bener-bener merubah diri gue banget. Bahkan temen yang gue ajak waktu itu bilang, “Ini bukan lo yang gue kenal.” Dan bener gue ngerasa gue berubah banget dari cara bicara gue, percaya diri gue, cara gue menghadapi masalah, dll. Bersyukur banget gue pernah mengikuti kegiatan itu. Kalau enggak, mungkin gue masih ngerasa skill bicara gue sampah banget.

Jadi, di sini gue mau sharing ke lo yang ngerasa atau berpikir “Kok gue bego berkata-kata ya?”. Jangan lagi berpikir seperti itu. Tapi berpikirlah “Gimana cara gue biar lancar bicara ya?” Mungkin masalahnya sama kayak gue, yaitu kurang percaya diri.

Kalau lo punya masalah dalam hal percaya diri, saran gue coba perbanyak kegiatan yang bersifat sosial.

“Tapi gue kan introvert”

Jangan jadikan introvert sebagai alasan lo. Gue baca dan denger, di luar sana banyak orang besar dan sukses adalah orang-orang introvert. Tapi mereka pandai berbicara. Ngga usah gue sebutin namanya, coba aja lo cek di google. Itu artinya apa? Hanya karena introvert bukan berarti kita ngga bisa pandai berbicara dan ngga bisa menjadi apa yang kita inginkan.

Semua hal bisa kita pelajari kok. Kuncinya adalah niat. Kalau niat lu cuma setengah-setengah atau bahkan ngga ada dan menerima kenyataan bahwa lu emang ditakdirkan seperti itu, ya.. lu ngga akan berubah boss. Jadi fokus pada niat lo dan terus belajar, oke!!

Segitu dulu cerita dari gue ya.. Makasih udah membaca cerita dari gue, semoga bermanfaat. Dan sekali lagi gue tekanin, gue di sini nggak berniat menggurui. Karena pasti dari sekian yang membaca ini ada yang lebih pinter dari gue. Gue cuma sekedar sharing kepada kalian sambil mengisi kegabutan gue biar lebih bermanfaat.

Kalau ada yang ingin bercerita tentang pengalaman pribadinya, silakan ceritakan di bawah. Kita sama-sama sharing biar jadi orang yang bermanfaat. Dengan saling sharing, gue yakin Indonesia bakal lebih baik kedepannya. Asalkan apa yang dishare itu positif.

Byee.. dreamers..



Komentar